Peranan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Spbu No. 54.651.05 Tlogomas Malang

  • Retno Wulan Sekolah Tinggi Sosial Politik Waskita Dharma
  • Waskito Dwi Handoko Sekolah Tinggi Sosial Politik Waskita Dharma
Keywords: peranan, kualitas, pelayanan, kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini tentang pelayanan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk kepentingan orang lain dan bukan sekedar bermaksud untuk melayani, namun merupakan upaya unuk membangun suatu kerja sama jangka panjang dengan prinsip saling menguntungkan. Dalam jangka panjang, ikatan seperti ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan pelanggan serta kebutuhan mereka. Penelitian yang digunakan adalah data sekunder dan dan data primer Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumentasi, kepustakaan. Data di analisis dengan metode analisis deskriptif Simpulan: SPBU No. 54.651.05 Tlogomas Malang bahwa pelayanan yang digunakan adalah standar Pasti Pas serta memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP), dan pengukuran kepuasan pelanggan yang digunakan adalah sistem keluhan pelanggan serta survei kepuasan pelanggan. Adapun faktor penunjang dalam memberikan kualitas pelayanan adalah selalu menjaga sikap sopan santun dan selalu ramah kepada pelanggan. Pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Published
2021-04-28
How to Cite
Wulan, R., & Handoko, W. D. (2021). Peranan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Studi Pada Spbu No. 54.651.05 Tlogomas Malang. JAMAK: Jurnal Administrasi Manajemen Dan Kepemimpinan, 8(1), 48-54. https://doi.org/10.59905/jamak.v8i1.133
Section
Articles